Skip to main content

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough


PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH

Pie Dough
Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie.
Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali.
Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain:
Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus.
Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. Wadah tersebut terbuat dari bahan metal ataupun kaca yang tahan panas.
Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan pie
Selama proses :
• Harus mudah digilas dan tidak mudah pecah
• Tidak mudah tengik
Pada produk akhir :
• Short consistency, kue tidak keras saat dimakan.
• Cita rasa yang baik
• Dapat disimpan lama dalam keadaan segar

Cara membuat pie dough
Bahan :
-          500g tepung terigu protein rendah
-          350g butter
-          10g garam
-          150g air es

Cara membuat :
Campur bahan kering yaitu tepung dan garam kedalam kom adonan
Tambahkan butter yang sudah dipotong kecil kecil kedalam campuran bahan kering
Aduk menggunakan garpu
Untuk flaky pie aduk adonan hingga sebesar kacang tanah
Untuk mealy pie aduk adonan hingga seperti pasir
Tambahkan air sedikit demi sedikit aduk perlahan hingga air terserap kedalam tepung, jangan terlalu banyak menambahkan air karena adonan akan keras saat dipanggang.
Setelah semua tercampur rata, masukkan adonan kedalam plastik dan simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 4 jam.
Adonan siap digunakan


Sugar Dough ( Adonan Gula )
Adonan gula adalah adonan yang digunakan untuk membuat kue kering, berasa manis dan mengandung banyak lemak. Dalam pengerjaan adonan gula tidak boleh terlalu banyak menggunakan tepung sawur, karena dapat menghasilkan hasil kue menjadi keras. Gula adonan biasanya dipalikasikan menjadi kue kering dengan berbagai macam topping manis seperti icing , chocochip, kismis, dll Adonan gula juga bisa digunakan sebagai alas pai atau tutup pai manis. Saat selesai memanggang menunggu agar produk dari adonan gula dingin untuk mengangkatnya dari loyang karena saat panas produk adonan gula masih mudah dihancurkan.
Cara membuat adonan gula
Bahan:
-          625g tepung protein sedang
-          250g mentega
-          310g gula pasir
-          5g garam
-          60g telur
-          60g susu bubuk
-          8g Ekstrak vanila

Cara membuat:
Campur mentega, gula pasir, dan garam ke kom adonan
Mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata dan halus
Tambahkan ekstrak telur dan vanilla, mizer kembali hingga tercampur rata dengan kecepatan rendah
Tambahkan tepung terigu protein sedang dan susu bubuk, aduk dengan spatula hingga tercampur rata
Adonan gula adonan siap dibuat menjadi berbagai macam kue kering.
Adonan ini juga bisa ditambahkan bahan lain untuk mendapatkan citarasa yang bervariasi seperti cokelat bubuk, teh hijau dan bahan lain sesuai dengan selera.








Source :
https://dhebaker.wordpress.com/2016/02/15/short-pasteshort-dough/
https://dhebaker.wordpress.com/2016/07/26/sugar-dough/

Comments

Popular posts from this blog

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual