Skip to main content

Day 1: Equipment & Utensil

A. EQUIPMENT:

1. Name: Toaster
2. Function: Mesin toaster bekerja dengan cara memanaskan roti dalam rongga-rongga khusus dalam mesin. Panas tersebut dihasilkan dari kawat nikelin pipih yang dililitkan pada lempengan asbes atau mika yang tahan panas.
3. How To Clean: Bersihkan Bagian Luar, Untuk membersihkannya, larutkan satu sendok makan cuka dengan secangkir air. Lalu bersihkan dengan menggunakan kain yang lembut. Namun, jika ada noda membandel, gunakan saja baking suda lalu gosokkan ke badan toaster secara perlahan.

Cr: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/71t8AKzrInL._SX425_.jpg

1. Name: Oven
2. Function: Sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan (baking) atau pengeringan suatu bahan, dan umumnya digunakan untuk memasak. Tungku pembakaran dan tanur adalah oven-oven khusus, yang masing-masing digunakan untuk tembikar dan pengolahan logam.
3. How To Clean: Gosok bagian luar oven dengan kain basah, lalu keluarkan bagian yang bisa dilepas dari oven, kemudian bersihkan dengan sabun dan kain, lalu lap lagi dengan kain kering.

Cr: https://azcd.harveynorman.com.au/media/catalog/product/cache/21/image/992x558/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/t/s/ts09.jpg

1. Name: Salamander
2. Function: Mesin yang satu ini biasanya digunakan untuk mengolah aneka menu masakan dan makanan dengan cara memanggang. Mesin ini dapat digunakan untuk pemanggangan pada aplikasi cake house, restoran, bakery, café, hotel, coffee shop, dan western style food shop.
3. How To Clean: Gosok bagian luar oven dengan kain basah, lalu keluarkan bagian yang bisa dilepas dari oven, kemudian bersihkan dengan sabun dan kain, lalu lap lagi dengan kain kering.

Cr: https://5.imimg.com/data5/LB/SW/MY-22864897/cooking-salamander-500x500.jpg



B. UTENSIL:

1. Name: Sauce Pot
2. Function: Panci untuk memasak saus merebus, daging, sayuran, dan sup.
3. How To Clean: Cara membersihkan alat masak yang satu ini cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sabun, baru setelah itu bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Cuci alat masak tersebut dengan menggunakan bahan yang lembut dengan sabun pembersih, dan untuk menjaga agar kilaunya tetap nampak jangan sekali-kali menggosok alat tersebut dengan menggunakan alat/spons yang kasar.

Cr: https://www.williams-sonoma.com/wsimgs/rk/images/dp/wcm/201849/0563/img79c.jpg


1. Name: Sauce Pan
2. Function: Untuk membuat sauce.
3. How To Clean: Gunakan spons yang halus dan lembut ketika membersihkan pan ini, dan sabun kan secukupnya, bilasm lalu keringkan menggunakan lap kering.

Cr: https://www.williams-sonoma.com/wsimgs/ab/images/dp/wcm/201840/0011/img24j.jpg


1. Name: Stock Pot
2. Function: Salah 1 fungsinya untuk membuat kaldu, dan mendidihkan air.
3. How To Clean: Gunakan spons yang halus dan lembut ketika membersihkan pan ini, dan sabun kan secukupnya, bilas dengan air bersih, kemudian keringkan menggunakan lap kering.

Cr: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/81oW5AeCqKL._SL1500_.jpg

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual