Skip to main content

Week 1: Describes Some Ingredients

About Parsley (Peterseli)


          Peterseli (Petroselinum crispum) merupakan sebuah tanaman yang berwarna hijau dan cocok digunakan sebagai makanan dalam bentuk biji. Tanaman ini sebagai makanan banyak mengandung zat besi. Biasanya cocok digunakan dalam bahan makanan seperti pizza dan spaghetti. Digunakan sebagai minyak, akar, dan sebagainya.





     Parsley atau Peterseli dan Manfaatnya

          Jika Anda sering makan pizza atau spaghetti di restoran Italian Food favorit Anda (atau mungkin homemade?), Anda pasti tahu atau setidaknya pernah menyicipi parsley.

          Parsley adalah tanaman herba dengan tinggi rata-rata 10 sampai dengan 30 cm yang terkenal sebagai herba untuk garnish (penghias menu makanan) atau sebagai bumbu masak. Di Indonesia tanaman ini dikenal juga sebagai daun peterseli. Parsley atau peterseli merupakan keluarga dekat jenis wortel maupun seledri. Daunnya berwarna hijau dan juga berbau segar.


          Dengan nama ilmiah Petroselinum crispum, daun ini dikenal sebagai garnish kaya nutrisi/gizi, apalagi dengan kandungan zat besi-nya yang sangat tinggi.

          Meskipun fungsi utamanya untuk saat ini adalah sebagai garnish dalam makanan, parsley sudah digunakan untuk berbagai keperluan beratus tahun lalu, salah satunya adalah menghilangkan bau mulut (disamping menghilangkan bau amis daging dalam masakan, tentunya). Tercatat dalam sejarah bangsa Yunani, parsley digunakan untuk menghilangkan bau jasad yang membusuk sewaktu masa perang.

          Selain menghilangkan bau mulut dan mengandung zat besi yang tinggi, daun parsley kaya akan klorofil, antioksidan tinggi, kalium, asam folat, asam amino dan kalium, serta vitamin-vitamin yang penting bagi tumbuh seperti vitamin A dan C. Daunnya juga berkhasiat sebagai pereda nyeri pada saat haid, mengurangi tekanan darah tinggi (masih keluarga dekat dengan seledri yang sama fungsinya), meredakan kembung pada perut/lambung (baik untuk penderita maag), menghilangkan nyeri tulang pada rematik, serta gangguan-gangguan pencernaan. Untuk alasan-alasan inilah tanaman ini sering dibudidayakan dan daunnya dikeringkan untuk dicampur dengan makanan. Parsley kering cukup terkenal sebagai bumbu yang sering dicari dan populer di Indonesia.

          Peterseli berasal dari negara-negara Eropa, khususnya tumbuh subur di Mediterania Timur. Di Turki digunakan sebagai tanaman pencegah atau mengobati penyakit diabetes. Parsley juga sering diseduh sebagai teh untuk keperluan diuretik (atau dalam istilah awam merangsang produksi air kencing/urin untuk tujuan tertentu).

Tanaman Parsley yang flat dan keriting (curly).
          Daun parsley ada dua jenis berdasarkan bentuk daunnya, yaitu parsley flat dan parsley keriting atau curly. Kami menyediakan aneka bibit tanaman di bibit bunga.com silahkan kunjungi link tersebut.



Cr:
https://id.wikipedia.org/wiki/Peterseli
https://bibitbunga.com/parsley-atau-peterseli-dan-manfaatnya/

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual