Skip to main content

Week 3: Describes Some Ingredients


Salt (Garam)


Kita semua tahu bahwa kehidupan tidak akan ada kalau tidak ada makanan dan air. Demikian juga garam. Garam yang ada di meja makan kita adalah salah satu kunci pembuka sejarah planet dan kosmos. Big History membuktikan bahwa molekul sederhana berupa garam ini ternyata ikut berperan dalam peradaban, menimbulkan peperangan, membangun Tembok Besar Cina, memicu revolusi India hingga Perancis. Salt is super power over water.

Garam mempunyai pengaruh dalam kehidupan manusia, baik secara budaya, ekonomi dan kimia maupun kesehatan. Garam Secara kultural, garam mempengaruhi kehidupan manusia lewat sejarah migrasi manusia. Secara ekonomi, melalui perdagangan dan proses kimiawi, garam mewarnai wajah dunia dengan penggunaan garam sebagai bagian dalam proses produk industri. Garam juga menjadi bagian vital kebutuhan tubuh manusia agar tetap sehat.

Setiap hari kita makan mengandung garam.
Garam makan, biasa disebut sebagai garam saja. Dalam garam mengandung elektrolit berupa natrium, kalium dan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga kesehatan. Garam makan dapat berbentuk garam halus atau garam kasar. Garam merupakan salah satu jenis mineral batuan. Mineral garam hanya satu-satunya batuan yang boleh dimakan manusia. Dalam bentuk kristal berwarna putih, merah jambu lembut, atau kelabu pucat. Warna ini berasal dari air laut atau simpanan batu (rock deposits). Sekarang garam dikemas sebagai garam konsumsi beryodium.   Garam konsumsi ini mengandung Natrium Chlorida (NaCl) minimal 94,7%, air maksimal 5% dan Kalium Iodat (KIO3) sebanyak 30-80 ppm (mg/kg) serta senyawa-senyawa lain. Garam tidak hanya diperlukan oleh manusia tetapi huga oleh semua makhluk hidup agar supaya bisa tetap hidup. Bahan makanan mempunyai sifat mudah membusuk. Sebelum ada kulkas (refrigerator), garam adalah solusinya. Garam dapat difungsikan sebagai pengawet makanan. Karena mempunya sifat pengawet, garam memicu menjadi komoditas ekonomi bernialai tinggi. Bagi manusia pengembara jarak jauh, garam menjadi bahan bawaan penting untuk mengawetkan persediaan makanan.


NUTRIENT CONTENT : KANDUNGAN GIZI
Garam dapur
Jumlah Per 100 g100 g
·         Kalori (kcal) 0
·         Jumlah Lemak 0 g
·         Lemak jenuh 0 g
·         Lemak tak jenuh ganda 0 g
·         Lemak tak jenuh tunggal 0 g
·         Kolesterol 0 mg
·         Natrium 38.758 mg
·         Kalium 8 mg
·         Jumlah Karbohidrat 0 g
·         Serat pangan 0 g
·         Gula 0 g
·         Protein 0 g
·         Vitamin A 0 IU Vitamin C         0 mg
·         Kalsium 24 mg Zat besi              0,3 mg
·         Vitamin D 0 IU Vitamin B6         0 mg
·         Vitamin B12 0 µg   Magnesium 1 mg


FUNCTION OF INGREDIENT :
Garam memiliki kandungan utama iodium untuk mencegah berbagai penyakit seperti gondok. Selain itu, garam juga mengandung natrium, magnesium, seng, dan mineral-mineral lainnya. Garam sangat bagus untuk pencegahan penyakit gondok terutama untuk anak-anak di bawah umur.
Dalam olahan masakan, garam memegang peranan terpenting dalam kunci cita rasa masakan. Hampir semua masakan menggunakan garam sebagai penguat rasa dan pemberi rasa asin serta gurih. Garam juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya bakteri di masakan sehingga garam sering digunakan sebagai sarana pembuatan bahan makanan kering misalnya ikan asin. Garam juga berfungsi sebagai penghilang aroma amis dari ikan, ayam, dan sebagainya.


CHARACTERISTIC OF INGREDIENT :
1.      Mempunyai rasa asin
2.      Dapat menghantarkan arus listrik
3.      Tidak mengubah warna kertas lakmus merah maupun biru
4.      Memiliki pH netral sekitar 7
5.      Terbentuk dari sisa asam dengan sisa basa
6.     Senyawa yang terdiri dari unsur logam dan non logam, misalnya NaCI dimana natrium (Na) termasuk logam dan clorida (CI) termasuk unsur non logam.












Cr:

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual