Skip to main content

Week 10: Describes Some Ingredients

Pandan Leaf (Daun Pandan)

https://www.stethnews.com/wp-content/uploads/2016/12/Pandan-Arthritis-Symptoms-Remedy.jpg


History Of Ingredients :

Daun Pandan berasal dari  berasal dari Indonesia yaitu dari daerah Bangka. Kemudian tersebar ke beberapa negara Asia tenggara dan Mediterania melalui perdagangan rempah rempah. Memiliki nama latin Pandanus Amaryllifoius Robx.


Nutrient Content :
  • Serving Size 100g
  • Amount Per Serving
  • Calories 24 Calories from Fat 0
  • % Daily Value*
  • Total Fat 0 g 0%
  • Saturated Fat 0 g 0%
  • Trans Fat 0 g
  • Cholesterol 0 mg 0%
  • Sodium mg 0%
  • Potassium mg 0%
  • Total Carbohydrate 6 g 2%
  • Dietary Fibre g 0%
  • Sugars g
  • Protein 35 g 70%
  • Vitamin A   IU 0%
  • Folate   mcg 0%
  • Vitamin C   mg 0%
  • Vitamin D   IU 0%
  • Calcium   mg 0%
  • Iron   mg 0%




Function OF Ingredients :

1. Obat Rematik
Manfaat daun padan sebagai obat yang pertama adalah obat sakit rematik. Rematik merupakan sebuah penyakit umum sering diderita oleh orang yang sudah lanjut usia.

2. Obat Pegal Linu
Manfaat daun pandan kali ini sangat cocok bagi Anda yang tergolong pekerja keras dan sering mengalami pegal pada badan. Caranya juga mudah, siakan daun pandan sebanyak 5 lembah dan daun serai 20 lembar. Cuci bersih kedua bahan dan tumbuk hingga halus.
Setelah halus tambahkan minyak kayu putih dan minyak ganda pura masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Aduk hingga merata dan gunakan untuk menggosok dan mengurut beberapa bagian tubuh yang sering mengalami sakit pegal linu.

3. Obat Saraf
Ternyata rebusan daun pandan memiliki fungsi sebagai obat saraf. Anda bisa mengobati beberapa masalah saraf meminum ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.
Anda bisa menyiapkan 3 lembar daun pandan wangi untuk membuat ramuan, selanjutnya cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus 3 daun pandan tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air saja.

4.     Obat Gelisah
Manfaat daun padan wangi kali ini cocok bagi Anda yang sering mengalami masalah secara emosional. Saat Anda merasa gelisah yang tak beraturan, segera ambil daun pandan sebanyak 2 lembar kemudian cuci hingga bersih dan seduh dengan secangkir air. Minumlah ramuan ini setelah disaring 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai Anda kembali merasa tenang.

5. Obat Darah Tinggi
Bagi Anda yang menderita darah tinggi atau hipertensi, daun pada juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Sama dengan beberapa cara di atas, daun pandan wangi direbus pada 3 gelas air sampai air tersisa 2 gelas saja. Minum secara rutin rebusan yang sudah disaring 2 kali dalam sehari di pagi dan sore hari.



Characteristic Of Ingredients : 

  1. Tumbuhan pandan wangi tumbuh merumpun.
  2. Bentuk daun memanjang
  3. Tulang daun berada di tengah
  4. Terdapat duri-duri kecil di tepi kanan kiri daun.
  5. Pada batang tumbuhan muncul akar-akar yang kuat.
  6. Tumbuhan pandan wangi tumbuh subur di daerah lembab seperti di tepi-tepi sungai atau di pingiran kolam.



Sumber :
https://www.agroloka.com/2016/05/Ciri-ciri-tumbuhan-daun-pandan-wangi.html#ixzz5i8PPd169
https://rahmimashar99.blogspot.com/2019/03/ingredients-6_12.html?m=1

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual