Skip to main content

Week 14: Food Terminologi

1. Biryani

biryani - makanan khas india

Banyak sebutan untuk salah satu makanan khas India yang terkenal hampir di seluruh dunia. Ada yang menyebutnya biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Walaupun punya banyak nama nasi biryani ini salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang enggak boleh lepas dari nasi briyani adalah beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering.

2. Butter Chicken

makanan khas india butter chicken
Image: https://www.bigoven.com
Butter chicken juga salah satu makanan khas India favorit yang bisa kamu temukan dimana-mana. Masakan khas India ini bukan ayam mentega seperti yang ada di sajian khas Cina. Makanan yang satu ini lebih mirip dengan kare ala Jepang yang penuh dengan rempah. Menu yang satu ini pasti selalu bisa kamu temukan di restoran yang menjual makanan India.

3. Idli

idli
Image: https://www.thequint.com
Idli sangat populer sebagai menu sarapan di India Selatan. Bentuk idli ini menyerupai pancake atau mirip dengan serabi ala Indonesia. Idli terbuat dari fermentasi lentil dan beras yang dikukus dan biasanya dimakan bersama dengan kari sayuran pedas.

4. Gulab Jamun

masakan khas india Gulab Jamun
Image: http://www.sangitaskitchen.com/
India sangat terkenal dengan berbagai makanan manis atau pencuci mulut. Salah satunya adalah gulab jamun yang punya rasa sangat manis. Gulab jamun ini terbuat dari adonan yang terbuat dari susu dan dibentuk bulat. Untuk mebambah rasa manis gulab jamun direndam dalam sirup gula yang sangat manis.

5. Kathi Roll

makanan india kathi rolls
Image: http://food.ndtv.com/
Street food atau jajanan kaki lima juga sangat terkenal di India, makanan yang dijajakan juga sangat beragam mulai dari makanan berat sampai camilan. Kathi roll salah jajanan kaki lima yang paling terkenal ini punya rasa yang sederhana dan rasanya bisa diterima oleh siapa saja. Kathi roll ini mirip dengan kebab ala timur tengah yang membuat beda adalah roti yang membungkusnya. Kathi roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti India.

6. Papri Chaat

masakan khas india papri chaat
Image: http://www.manusmenu.com/
Kamu bisa menemukan Papri Chaat di India dengan mudah karena cemilan yang satu ini memang jadi salah favorit snack favorit orang India. Papri Chaat memiliki rasa unik yang mungkin  belum pernah kamu rasakan. Adonan yang mirip dengan pangsit goreng diisi dengan kentang rebus, kacang polong rebus dan disiram dengan saus yoghurt.

7. Pani Puri

makanan india pani puri
Image: http://www.yummytummyaarthi.com/
Jajanan khas kaki lima India ini bisa ditemukan di setiap daerah di India. Panipuri punya rasa khas yang unik asam-manis, teksturnya yang renyah juga jadi ciri khas snack ini. Panipuri ini bentuknya mirip dengan bola ubi di Indonesia bedanya snack ini memiliki tekstur yang lebih garing.
8. Jalebi
manisan khas india jalebi
Image: http://kohinoortempe.com/
Manisan dari India ini selalu hadir di rumah-rumah orang India. Jalebi ini bentuknya mirip pretzel bedanya jalebi disiram dengan kuah sirup gula yang kental. Jalebi bisa disajikan hangat ataupun dingin.

9. Ayam tandoori

masakan khas india tandoori chicken
Image: Youtube
Ayam tandoori sama terkenalnya dengan nasi biryani, ayam panggang khas India ini juga jadi favorit orang luar negeri termasuk di Indonesia. Ayam panggang dengan warna khas merah dengan ras gurih ini menjadi salah satu makanan yang wajib dimakan saat berpegian ke India.

10. Dosa

makanan india dosa
Image: Youtube
Di benua Eropa  ada crepenah kalau di India ada yang namaya dosa. Crepe biasanya disajikan dengan topping manis seperti buah atau es krim. Nah, kalau dosa kebalikannya nih makanan yang bisa disajikan kapan saja ini diisi dengan kentang dan dimakan bersama sambar.








Cr: https://chefmalyama14.blogspot.com/2019/03/terminology-5.html

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual