Skip to main content

Day 41: Daily Activity (Senin, 14 Oktober 2019)


Pagi teman-teman, Hari ini adalah hari pertama praktek di minggu kedua setelah mid semester. Hari ini hari senin, 14 oktober 2019. Hari ini saya bangun cukup cepat, sebelum jam 6 lalu, kemudian setelah jam 6 saya mulai berangkat ke kampus. Dikitchen saya duduk dan bergabung bersama teman yang lain.

Di kitchen,kami tidak langsung oneline,tetapi kami berbimcang-bincang di depan kitchen. Sekitar jam 10 barulah kami oneline di main kitchen didekat office. Dan ternyata ada pemeriksaan grooming oleh Pak jaya, itu sudah memjadi peraturan di kampus untuk memperbaiki grooming sebelum memasuki area kampus, tetapi masih banyak yang menabaikan grooming mereka. Selanjutnya kami diberikan penjelasan oleh Pak Faisal, kali ini berbeda dengan yang minggu lalu, Hari ini kita praktek sesuai dengan section seperti Butcher, Pastry & Bakery, Main Kitchen & Cold Kitchen.

Masing-masing section telah dibagi berdasarkan tiap kelompok. Seharusnya jika tidak dibagi sesuai section, saya bersama kelompok akan menghandle Dessert. Tapi kita diajarkan sesuai prosedur kerja di hotel, agar bisa memudahkan kita untuk training di semester 4 nanti, agak bingung rasanya kita praktek berdasarkan section, apalagi ini adalah kali pertama kita praktek. Kelompok saya berada Cold Kitchen, yang dihandle di Cold Kitchen adalah menu Appetizer, Dan juga seperti sauce yang diperlukan nantinya, Juga menyediakan Vegetable dan Fruit yang dibutuhkan mulai dari Dessert, Main Course, & Great For Sharing.


Setelah penjelasn tersebut kami diperbolehkan untuk prepare, Tapi sebelumnya, saya dan kelompok melakukan pembagian kerjaan. Saya, Hajrah dan juga Anita menyiapkan menu Appetizer. Saya mulai menyiapkan carrot dan juga lobak, untuk chef salad. Karena chicken breast dan juga beef bacon sudah disediakan oleh Butcher. Kita tinggal mengambilnya. Selanjutnya saya peeler dan potong jardinier, kemudian meminta bantuan kelompok Dessert untuk menyiapkan Agar-agar untuk Jelly Fruit Salad.

Setelah itu kita siapkan Pineapple, Grape dan juga Orange. Untuk menu Jelly Fruit Salad, Untuk dresing juga sudah disiapkan dari pastry, kita tinggal mencampurnya besok, dan akhirnya kami pulang ketika prepare sudah selesai dan sudah melakukan General Cleaning.




RECIPE CHEF SALAD
INGREDIENT:
3 kg Mixed salad greens
700 gr Chicken breast,cut into thin strips
700 gr Beef bacon, cut into thin strip
700 gr Cheddar cheese, cut into thin strips
50 gr tomato wedges or cherry tomatoes
50 gr hard-cooked egg quarters
25 gr Radishes
225 gr carrot,cut batonnet
25 gr green bell pepper rings

PROCEDURE:
1.       Place the greens in coold salad bowls,approximately  4 oz (125 g) per portion
2.       Arrange the turkey, ham,and cheese strips neatly on top of the greens. Keep the items separate-do not mix them all together.
3.       Arrange the remaining items attractively n the salda
4.       Hold for service. If salad must be held for over 1 hour,they should be covered so the meats and cheese don’t dry out
5.       Serve with any appropriate salad dresing,served on the side in a separate container.

PER SERVING
Calories                 : 400 g
Protein                   : 37 gr
Fat                         : 25gr (54% cal)
Cholestrol              : 485 mg
Carbohydrate         : 10 gr
Fiber                      : 3 gr
Sodium                  : 570 mg

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual