Skip to main content

Day 42: Daily Activity (Rabu, 16 Oktober 2019)


Hari ini hari Rabu,16 oktober 2019. Dimana hari ini adalah hari ketiga kegiatan praktek menu ala carte 2 di kitchen. Pasti semua terheran-herankan, kenapa Daily Activity ku di hari selasa tidak ada?, maaf ya teman-teman, karena hari selasa kemarin saya izin, ada banyak acara keluarga yang menunggu, hehe.


Nah, setelah jam tujuh, saya masuk dan mepersiapkan preaperan saya, juga mengecek apakah masih ada bahan yang kurang atau tidak. Tapi saya rasa hanya telur yang belum di rebus untuk Chef Salad, setelah telur direbus dan matang kami buka kulitnya dan di potong bentuk Section, menjadi beberapa bagian yang nantinya akan digabungkan bersama bahan yang lainnya di menu Chef salad. Setelah itu kami juga melihat persediaan buah untuk Jelly Fruit Salad, dan ternyata tinggal sedikit, kemudian saya mengambil beberapa buah tambahan kemudian memotongnya, seperti anggur dan juga jeruk.


Hari ini tidak seperti biasanya yang sangat sibuk. Hari ini seperti santai-santai saja. Mungkin karena minggu lalu kelompok saya menghandle Main Course yang menu nya tidaklah sedikit lalu minggu ini menghandle Appetizer yang menunya tidak banyak dan tidak perlu melakukan prepare setiap hari. Saya bingung mau melakukan apa karena semuanya sudah selesai, tinggal menunggu orderan masuk.

Hari ini kelompok saya juga yang mendapatkan bagian steward, cukup lama setelah orderan keluar waktu sudah menunjukkan Shalat bagi teman-teman saya yang Muslim, jadi mereka ke Masjid untuk melakukan ibadah Shalat Zuhur karena tidak baik menunda waktu, dan juga di kitchen tidak boleh ada orang yang bekerja jika Adzan sudah berkumandang, jadi saya ikut untuk beristirahat sejenak di halaman kitchen.

Setelah kembali dari mesjid orderan juga sudah ada yang masuk. Tapi entah masalah apa yang membuat Pak Faisal marah-marah, yang jelas baru beberapa makanan yang keluar, semua sudah di sold out kan, dan tidak boleh ada makanan yang keluar lagi untuk Restaurant. Makanya hari ini kami semua cepat melakukan General Cleaning dan juga cepat pulang.


RECIPE JULIED FRUIT SALAD

INGREDIENT:
2 can Pineapple cubes
250 gr Mandarin orange section
250 gr Grape
60 gr Unvlavored gelatin
250 ml Water, cold
175 gr sugar
1 gr salt
90 ml lemon juice
25 ggr Lettuce leaves for underliners
400 ml Chantilly Dressing (500 ml heavy cream,whipped. Fold the whipped cream into the mayonnaise carefullly to retain volume. Do this as close as possible to service time)

PROCEDURE:
1.       Drain the pineapple and reserve the juice. You should have about 12 oz (350gr) drained fruit.
2.       Cut the grapefruit and orange sections into ½ in (1 cm) dice.
3.       Cut the grapes in half. Remove seeds,if any.
4.       Place the fruit in a colander or strainer over a bowl and hold in the refrigerator.
5.       Stir the gelatin into the cold water and let stand at least 5 minutes
6.       Add enough fruit juice(or part juice and part water)to the liquid from the ppineapple to measure 3/2 pt (1.75 L)
7.       Bring the fruit juice to a boil in a stainless steel pan. Remove from heat.
8.       Add the sugar,salt and softened gelatine. Stir until gelatin and sugar are dissolved.
9.       Cool the mixture. Add the lemon juice.
10.   Chill until thick and syrup but not set.
11.   Fold the drained fruits into the gelatin mixture.
12.   Pour into individual molds or into a half-size hotel pan. Chill until firm.
13.   Line cold salad plates with lettuce leaves.
14.   Unmold the salads or, if a hotel pan was used, cut 5 x 5 into rectangles.
15.   Place a gelatin salad on each plate. Hold for service in the refrigerator.
16.   At service time, top each salad with 1 tbsp.(15 mL) dressing.

PER SERVING
 Calories                 :170 g
Protein                    :3 gr
Fat                         : 10 gr (49% cal)
Cholestrol               : 15 mg
Carbohydrate          : 2O gr
Fiber                       : 1 gr
Sodium                   : 55 mg

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual