Skip to main content

Day 43: Daily Activity (Kamis, 17 Oktober 2019)

Tidak terasa hari begitu cepat berganti. Hari ini semua mahasiswa poltekpar makassar wajib mengikuti kegiatan upacara yang berlangsung di lapangan. Jadinya saya dan teman sekelas harus memakai almamater lengkap ke kampus untuk mengikuti upacara yang dilaksanakan sebelum jam tujuh, tetapi pagi ini saya sedikit terlambat karena banyak yang harus saya persiapkan dan dibawah ke kampus.


Setelah upacara, kami langsung bergegas untuk meninggalkan barisan dan mengganti almamater menjadi baju praktek. Setelah berganti pakaian kami kembali ke kitchen, lelah sih, tapi tetap semangat jalanin hari ini. Setelah itu saya masuk ke kitchen, dan mengeluarkan bahan prepare’an yang masih ada untuk di olah menjadi makanan yang siap untuk disajikan ke Restaurant.


Kali ini menu yang keluar tidak seperti kemarin, ada yang di kurang dan ada juga yang ditambah. Seperti Empek-empek dan chef salad hari ini hanya lima yang keluar karena bahan yang akan kita gunakan nantinya tidak banyak. Tapi, Thai Papaya dan Mango Salad hari ini yang keluar ada 15 porsi, dan juga ada Jelly Fruit Salad yang disajikan 10 porsi.

Pagi ini tidak ada kegiatan oneline karena kita juga memasuki kitchen agak lama dikarenakan upacara yang harus di hadiri tadi pagi. Setelah mengecek semua bahan yang dibutuhkan nantinya, kami hanya menunggu kapan ada orderan masuk.


Hari ini yang kajian adalah laki-laki maka yang menyelesaikan General Cleaning nantinya adalah para perempuan. Tapi syukurlah General Cleaning bisa selesai sebelum Shalat Ashar di mulai. Jadi mereka tidak perlu lagi capek-capek untuk menyikat lantai.

Akhirnya General Cleaning selesai, kami semua dapat beristirahat dan makan bersama yang selalu kami sebut anak bangsa, Setelah itu barulah teman-teman Muslim ku ke Masjid untuk Shalat. Lalu mereka kembali lagi ke kitchen untuk mengecek apakah masih ada yang kurang bersih ataupun masih basah. Sesudah para laki-lakinya selesai kajian, kami oneline lalu pulang kerumah masing-masing.



RECIPE THAI PAPAYA AND MANGO SALAD

INGREDIENT:
180 ml Lime juice
30 ml Thai fish sc.or vietnames fish sc.
2 gr serrano chiles seeded (chopped)
2 gr Scallions (chopped fine)
30 gr Browned sugar or raw sugar
750 gr Mango,medium dice
750 gr Papaya,medium dice
360 gr Napa cabbage,shredded
60 ml Chopped peanut.

PROCEDURE
1.       Mix together the lime juice,fish sauce,chiles,scallions,and sugar. Stir until the sugar is dissolved.
2.       Mix together the mango and papaya.
3.       Arrange 1 oz (30gr)cabbage on each salad plate.
4.       Top with a mound of teh fruit mixture.
5.       Drizzle each porting with 4 tsp (20 ml) dressing
6.       Sprinkle each portion with 1 tsp (5ml)chopped peanuts.

PER SERVING
Calories                 :100 g
Protein                   :2 gr
Fat                         : 1,5gr (13% cal)
Cholestrol              : 0 mg
Carbohydrate         : 21 gr
Fiber                      : 3 gr
Sodium                  : 240 mg

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual