Skip to main content

Others 24: Terminology Ala Carte 1

ALA CARTE 1 MENU ( HISTORY )


APPETIZER

SALAD NICOISE 


(disebut niswaz) mendapat nama dari tempat asalnya iaitu Cote d’Azur di kota Nice di Perancis. Ia juga dikenali sebagai Salade Niçoise atau insalata nizzard.
Dikategorikan sebagai pembuka selera. Bahan-bahan untuk membuat salad ini adalah daun salad, tomato, kentang , kacang buncis rebus dan isi ikan tuna dalam tin dan ikan bilis jeruk. Bahan-bahan ini kemudian akan digaul bersama vinegrette.
Walaupun begitu bahan-bahan yang digunakan serta asal usul makanan ini masih menjadi kontroversi dan perdebatan ramai.
Menurut sumber, George Balanchine yang merupakan seorang jurutari terkenal telah memberi inspirasi penciptaan salad ini. Ia diperkenalkan ketika beliau membuat pertunjukan di Monte Carlo. Tetapi ada sumber lain mengatakan salad ini berasal dari kota Provence di Perancis.

RUJAK BUAH

 Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah yang dicampuri cabe. Rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura dan di sana disebut rojak.
.Asal mula rujak buah tidak diketahui secara pasti. Namun, makanan ini begitu erat dengan tradisi masyarakat Jawa. Dalam tradisi Jawa, biasanya diadakan acara syukuran ketika kehamilan seorang wanita memasuki usia tujuh bulan.

 THAI CHICKEN SALAD

Salad yang dikenal secara internasional sebagai salad Thailand , dengan beberapa pengecualian, termasuk dalam empat metode persiapan utama. Dalam masakan Thailand ini disebut ubi, tam, pangkuan, dan phla . Beberapa hidangan tambahan juga dapat dianggap sebagai salad.


 SALAD OF SEARED SEA SCALLOP WITH ORIENTAL VINAIGRETTE.

Hasil gambar untuk SALAD OF SEARED SEA SCALLOp
salad of seared sea scallop with oriental vinaigrette merupakan sebuah hidangan pembuka yang menggunakan bahan dasar sacllop yang di saute ( pansier ) sampai berwarna cokelat keemasan. yang di sajikan dengan dressing oriental vinaigrette. bahan bahan dari oriental vinaigrette adalah red vinegar, soy sauce, salad oil, sesame oil, ginger root, garlic, hot pepper sauce, salt.

SOUP

 JAPANESE CLEAR SOUP WITH SHRIM
Hasil gambar untuk japanese clear soup
Masakan Jepang adalah makanan — bahan, persiapan, dan cara makan — dari Jepang. Ungkapan ichijū-sansai ( 一 汁 三 菜 "satu sup, tiga sisi" ) mengacu pada susunan makanan khas yang disajikan, tetapi berakar pada masakan kaiseki , honzen , dan yūsoku  klasik. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan hidangan pertama yang disajikan dalam masakan kaiseki standar saat ini. 



 PURE OF PUMPKIN SOUP

Hasil gambar untuk pure of pumpkin soup
Labu yang awalnya telah dipanggang secara terpisah dapat digunakan dalam persiapan sup. Memanggang labu bisa berfungsi untuk memusatkan rasa labu. Sup squash dapat disiapkan dengan potongan atau potongan labu dan juga dengan labu pure .Labu beku yang dimasak sebelumnya, juga dapat digunakan,  seperti yang dapat disiapkan secara komersial dari paket puru labu beku yang dimasak sebelumnya.  Sup labu butternut mungkin memiliki rasa manis, karena gula yang ada dalam labu.  Bahan dasar tambahan dalam persiapan sup labu dapat termasuk kaldu , bawang, krim, rempah-rempah seperti sage dan thyme, garam dan merica.  Sup labu dapat disajikan panas atau dingin, dan merupakan hidangan Thanksgiving yang populer di Amerika Serikat. 


MAIN COURSE

 TORI NO TERIYAKI

Hasil gambar untuk tori no teriyaki

Teriyaki (照り焼き, てりやき, daging masak) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mirin/gula beraroma rasa.[1] Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi),[2] atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

 ONIGIRI

Hasil gambar untuk onigiri



Secara sederhana, onigiri adalah nasi kepal berbentuk bulat atau segitiga.
Dulunya, onigiri merupakan makanan kegemaran kaum wanita di istana kaisar Jepang dan dikenal juga sebagai omusubi.
Konon, menurut catatan sejarah, makanan seperti onigiri sudah ada sejak abad ke-11, yaitu panganan sejenis nasi berbentuk bola/bulat.
Makanan ini digunakan sebagai menu makan siang saat piknik, karena lebih praktis tetapi tetap mengenyangkan.
Kemudian, pada tahun 1980-an sekelompok peneliti menggali artefak di Ishikawa, dan menemukan benda seperti gumpalan nasi dari peninggalan masa lalu.
Makanan serupa onigiri juga ditemukan di beberapa daerah lainnya di Jepang.



 PAN SEARED OF SALMON WITH HOLLANDAISE SAUCE

Hasil gambar untuk PAN SEARED OF SALMON WITH HOLLANDAISE SAUCE

Menu ini adalah salmon yang di panggang ( pansier ) dimana permukaan makanan dimasak pada suhu tinggi sampai terbentuk kerak kecoklatan. Teknik serupa, kecoklatan dan menghitam. yang di sajikan bersamaan dengan saus hollandaise. 


DUCHESSE POTATOES



Hasil gambar untuk duchess potatoes



Duchess (e) kentang ( Prancis : pommes de terre duchesse ) terdiri dari purée kentang tumbuk dan kuning telur , mentega, garam, merica, dan pala, yang dipaksa dari tas pipa atau dibentuk dengan tangan ke dalam berbagai bentuk yang kemudian dipanggang pada 245 ° C (475 ° F) hingga berwarna keemasan. Mereka adalah barang klasik masakan Prancis .


SAUTE JARDINIER VEGETABLE



Hasil gambar untuk SAUTE JARDINIERE VEGETABLE

potongan sayuraan jardinier yang di saute dan menjadi pendamping pan seared of salmon serta hollandaise sauce.



GRILLED CHOPPED LAMB " STEAK " WITH ROSEMARY AND PINE NUTS

Hasil gambar untuk gRILLED CHOPPED LAMB " STEAK " WITH ROSEMARY AND PINE NUTS



 COLCANNON

Hasil gambar untuk COLCANNON
Colcannon adalah resep Irlandia favorit dan terutama pada Hari St Patrick .
Hidangan ini merupakan iringan sempurna untuk banyak hidangan tradisional Irlandia, tidak sedikit dari yang merupakan rebusan Irlandia yang lezat. Colcannon secara tradisional digunakan untuk memprediksi pernikahan pada Halloween. Pesona disembunyikan di kentang tumbuk dan setiap gadis yang belum menikah yang menemukan satu akan menempatkan kaus kaki dengan sendok Colcannon dan pesona di pegangan pintu depannya. Orang pertama yang memasuki rumah itu adalah yang dimaksudkannya. 

VEGETABLE TAGLIATELLE

Hasil gambar untuk VEGETABLE TAGLIATELLE



 MOULES MARINIERE ( STEAMED MUSSELS )

Hasil gambar untuk MOULES MARINIERE ( STEAMED MUSSELS )


Moules-frites atau moules et frites ( pengucapan Perancis: [ mul.fʁit] ]; Bahasa Belanda : mosselen-friet ) adalah hidangan utama kerangdan kentang goreng yang populer yang berasal dari Belgia . Ini juga populer di Jersey dan Prancis .  Judul hidangannya adalah Perancis ,moule yang berarti kerang dan frites fries, dengan nama Belanda untuk hidangan yang artinya sama. Ini dianggap sebagai hidangan nasional Belgia. 

Meskipun moules-frites populer di Prancis dan di seluruh dunia, diperkirakan hidangan tersebut berasal dari Belgia .  Kemungkinan besar ia awalnya dibuat dengan menggabungkan kerang , bahan makanan populer dan murah yang dimakan di sekitar pantai Flemish , dan kentang goreng yang biasa dimakan di seluruh negeri pada musim dingin ketika tidak ada ikan atau makanan lain yang tersedia.  Sendiri, kentang goreng juga terkait erat dengan masakan Belgia oleh banyak orang Eropa.  Meskipun Belgia mengklaim sebagai tempat lahirnya kentang goreng, asal mereka tidak pasti dan beberapa negara lain juga mengklaim gelar tersebut.

 GRATIN DAUPHINOISE

Hasil gambar untuk GRATIN DAUPHINOISE


Sejarah menu ini berawal pada tanggal 12 Juli 1788, kala itu Gratin Dauphinois disajikan oleh Charles Henry, Duke of Clermont-Tonnerer dan Letnan Jenderal Dauphine untuk para pejabat kota Gap yang sekarang disebut dengan Department of Hautes Alpes.Sejarah menu ini berawal pada tanggal 12 Juli 1788, kala itu Gratin Dauphinois disajikan oleh Charles Henry, Duke of Clermont-Tonnerer dan Letnan Jenderal Dauphine untuk para pejabat kota Gap yang sekarang disebut dengan Department of Hautes Alpes.

Menu ini merupakan salah satu hidangan tradisional Perancis dari wilayah Dauphine yang terbuat dari irisan kentang mentah yang diiris tipis (setebal koin) yang dipadu dengan cream, butter, keju dan bawang putih. Walaupun ada beberapa versi resep kuliner tradisional Perancis ini, namun pada dasarnya ada tiga kunci penting dalam proses pembuatannya yaitu irisan kentang, lapisan bawang putih dan pemanasan yang disesuaikan dengan tebal Gratin Dauphinois itu sendiri.

CREAMED SPINACH

Hasil gambar untuk CREAMED SPINACH


DESSERT

RICE PUDDING
 Hasil gambar untuk rice pudding

Puding nasi adalah hidangan yang terbuat dari beras yang dicampur dengan air atau susu dan bahan-bahan lain seperti kayu manis dan kismis . Varian digunakan untuk hidangan penutup atau makan malam. Ketika digunakan sebagai hidangan penutup , biasanya dikombinasikan dengan pemanis seperti gula . Makanan penutup seperti itu ditemukan di banyak benua, terutama Asia di mana nasi merupakan makanan pokok. Beberapa varian hanya menebal dengan tepung beras; yang lain termasuk telur, menjadikannya semacam puding .


BUBUH INJIN

Hasil gambar untuk bubuh injin


Seperti kebanyakan hasil panen zaman dulu, ketan hitam juga sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit, sebagai hasil olahan pangan yang saat itu cukup mahal jika dibandingkan dengan beras biasa. Seperti dilansir dari Kompas Lifestyle, dikatakan oleh Chef Ucu Sawitri bahwa ketan adalah salah satu bahan pangan khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman Majapahit.
Pada awalnya ketan hitam hanya dikonsumsi para raja, namun seiring perkembangannya, ketan hitam sudah lebih mudah didapat dengan harga yang terjangkau sehingga bubur ketan hitam bisa dinikmati siapa saja.
Bubur ketan hitam memiliki makna filosofis kebersamaan dan menyatukan. Karena sifat beras ketan yang lengket, seringkali beras ketan dimasak untuk acara seperti pernikahan dengan doa dan harapan bisa merekatkan tali kasih sepasang pengantin dan bisa menjalani pernikahan yang awet.
Dengan rasa manis dan gurih, bubur ketan hitam menjadi makanan khas yang tak bisa diabaikan perannya dalam tradisi Jawa. Jadi, seperti itu sejarah dan filosofi bubur ketan hitam khas Jawa yang memiliki rasa manis gurih dan lembut di mulut.

SACHERTORTE

Hasil gambar untuk sachertorte



Resep yang mirip dengan Sachertorte muncul pada awal abad ke-18, salah satu contoh resep terdapat pada buku resep masakan Conrad Hagger pada tahun 1718, resep lainnya adalah pada buku resep yang ditulis Gartler-Hickmann pada tahun 1749 yang berjudul Wienerisches bewährtes Kochbuch.
Pada tahun 1832, Pangeran Wenzel von Metternich memerintahkan koki pribadinya untuk menciptakan hidangan penutup istimewa untuk tamu penting pangeran. Kepala koki saat itu sedang sakit, sehingga tugas untuk membuat hidangan penutup tersebut jatuh kepada Franz Sacher yang saat itu sedang magang pada usia 16 tahun, dan sedang menjalani tahun kedua pelatihan di dapur Metternich. Sang Pangeran dilaporkan telah menyatakan, "Janganlah membuat aku malu pada malam ini!" Torte yang dibuat oleh Sacher pada kesempatan itu telah membuat tamu Metternich senang, hidangan penutup yang disajikan tidak segera memperoleh perhatian. Sacher menyelesaikan pelatihan sebagai koki dan kemudian menghabiskan waktu di Bratislava (Pressburg) dan Budapest. Pada akhirnya ia kembali ke kampung halamannya di Wina, dan membuka kafe.
Putra sulung Sacher, Eduard, meneruskan warisan kuliner ayahnya. Ketika ia menyelesaikan pelatihannya di Wina, ia menyempurnakan resep ayahnya dan mengembangkan torte hingga menjadi seperti yang dijual sekarang. Kue ini pertama kali disajikan di Demel dan kemudian di Hotel Sacher yang didirikan oleh Eduard pada tahun 1876. Sejak itulah, kue ini tetap menjadi kuliner khas Wina.


GREAT FOR SHARING


 PIZZA MARGERITTA

 Dalam buku-buku sejarah telah ditulis bahwa pada tahun 1889 setelah penyatuan Italia, Ratu Margherita dari Savoy, istri Raja Umberto I mengunjungi Naples. Untuk menghormati koki Ratu Raffaele Esposito dari Pizzeria Brandi menciptakan pizza yang merayakan penyatuan Italia. Jadi dia ingin pizza untuk mewakili warna bendera Italia yang sekarang terbang di negara-bangsa yang baru. Tomat mewakili warna merah, mozzarella mewakili warna putih dan basil mewakili warna hijau. Sehingga untuk menghormati Ratu yang telah datang ke Naples mereka memberi nama pizza, Pizza Margherita.

MONTE CRISTO SANDWICH

 Monte Cristo adalah salah satu jenis sandwich atau roti lapis ham dan keju goreng, varian dari croque-monsieur milik Prancis. Pada tahun 1930-an hingga 1960-an, buku masak Amerika memiliki resep untuk sandwich ini dengan nama seperti “French Sandwich”, “Toasted Ham Sandwich”, dan “French Toasted Cheese Sandwich”.[1] Varian keju seperti keju Swiss biasanya digunakan sebagai isian dari roti lapis ini.

 REUBEN SANDWICH

 Salah satu sumber menyatakan bahwa Reuben Kulakofsky (nama depannya kadang-kadang dieja “Reubin”; nama belakangnya kadang-kadang dipanggil “Kay” lebih singkatnya), seorang penjual makanan Yahudi kelahiran Lituania yang bermukim di Omaha, Nebraska, adalah sang penemu, kemungkinan sebagai bagian dari upaya dari anggota kelompok permainan poker mingguan Kulakofsky yang diadakan di Blackstone Hotel dari sekitar 1920 hingga 1935. Para peserta, yang menjuluki diri mereka sendiri “komite”, termasuk pemilik hotel, Charles Schimmel. Roti lapisnya pertama kali mendapatkan ketenaran lokal ketika Schimmel menaruhnya di menu makan siang Blackstone, dan ketenarannya menyebar ketika seorang mantan karyawan hotel memenangkan kontes nasional dengan resepnya. Di Omaha, 14 Maret dinyatakan sebagai Hari Sandwich Reuben atau Hari Roti Lapis Reuben.

ONION RINGS


Onion ring adalah sebuah bentuk hidangan pembuka atau hidangan sampingan yang umum ditemukan di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan beberapa belahan Asia, Eropa dan Amerika Latin. Hidangan tersebut umumnya terdiri dari “cincin” bawang bombai yang dicampur mentega atau tepung roti dan kemudian digoreng rendam.









Cr: https://yusufucu.blogspot.com/2019/11/history-of-ala-carte-1-menu.html

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual