Skip to main content

Week 26: Describes Some Ingredients

1. LECI 

manfaat buah leci

Lici atau Leci  adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong familia lerak-lerakan Sapindaceae. Pohon lici tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah ini berbau wangi dan manis.

LECI merupakan buah subtropis yang berasal dari China Selatan. Buah berkulit luar warna merah itu selalu dipuji sebagai "raja buah-buahan".
Buah leci sering digunakan dalam hidangan Asia, baik dalam kondisi segar atau berbentuk kalengan. Buah leci menambah rasa serta tekstur yang menarik untuk hidangan manis dan gurih. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin C dan potasium yang cukup tinggi.
Nutrisi 
Seperti buah lainnya, leci juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya. Sekitar 100 gram buah leci mengandung nutrisi, seperti:
  • Kalori: 66 kalori
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 16,5 gram
  • Gula: 15,2 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram
Manfaat Buah Leci

1. Mendukung fungsi tubuh dan meningkatkan sistem imun

Buah leci mengandung banyak vitamin C dan berbagai jenis vitamin B, seperti niacin, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, buah manis ini juga dilengkapi dengan asam folat, kalium, dan tembaga.
Kandungan vitamin C dari buah leci dapat memberikan manfaat untuk sistem imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab infeksi.
Sementara itu, vitamin B yang terkandung di dalamnya dapat menjaga fungsi saraf, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung serta otak.

2. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Mineral memang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, fungsi tubuh juga bisa bermasalah.
Salah satu jenis mineral yang sering kali melebihi kadar normal adalah natrium. Mineral ini dapat banyak ditemukan pada makanan asin.
Terlalu banyak makan makanan asin bisa meningkatkan tekanan darah. Ini bisa menyebabkan hipertensi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.
Nah, salah satu cara untuk mencegah kedua penyakit tersebut adalah dengan makan buah leci. Kandungan kalium pada buah leci (324 mg per 100 gram) dapat mengurangi kadar natrium yang tinggi sehingga baik untuk jantung.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sayur dan buah memiliki banyak serat, termasuk buah leci. Serat dari buah leci dapat menyerap air sehingga membuat tinja lebih lunak.
Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sembelit karena feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

4. Menjaga kadar gula darah dan cocok untuk diet

Serat pada buah leci juga memiliki manfaat untuk memperlambat proses penyerapan glukosa di usus. Melambatnya proses penyerapan ini membuat kadar gula dalam darah tidak akan melonjak tinggi secara tiba-tiba.
Oleh karena alasan itulah, buah ini baik untuk penderita diabetes. Lakukan konsultasi pada dokter supaya Anda tahu seberapa banyak asupan buah leci yang aman untuk diabetesi.
Buah ini juga cocok untuk ditambahkan sebagai menu harian ketika diet. Proses pencernaan serat yang cukup lama di usus, menyebabkan perut Anda kenyang lebih lama. Ini bisa menghindari Anda ngemil makanan lain.

5. Berpotensi mencegah berbagai penyakit kronis

Selain serat, mineral, dan vitamin, buah leci juga kaya akan antioksidan. Berbagai antioksidan yang terkandung pada bagian buah, kulit, dan kulit leci ini, antara lain epicatechin, rutin, dan oligonol.
Studi berbasis hewan menunjukkan bahwa antioksidan dari buah leci dapat memberikan manfaat dalam mencegah penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan diabetes.
Karakteristik 
Buah leci berbentuk seperti jantung, bentuknya bulat atau oval, dan memiliki kulit yang berwarna merah kasar.
Ukuran buahnya pun mulai dari kecil ke besar sehingga hampir tidak ada daging dalam buah tersebut, faktor hidupnya buah leci ini sangat ditentukan oleh iklim.
Ketika Anda mengupas kulit, daging berwarna putih atau warna merah muda, serta terasa lembab seperti bagian dalam buah anggur. Leci memiliki rasa yang agak aneh, tetapi di saat dikonsumsi akan terasa manis dan segar dan agak terasa sedikit asam.

2. SIRSAK 
Hasil gambar untuk sirsak
Sirsaknangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrangnangka landa (Jawa), nangka walandasirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.
Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya

Manfaat Buah Sirsak 
#1: Mengandung molekul antioksidan Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni: - Tannin - Saponin - Pitosterol - Flavonoid - Anthraquinone Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan kita. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.
 #2: Memiliki sifat anti-inflamasi Inflamasi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Walau begitu, inflamasi yang kronis dapat memicu berbagai penyakit. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menyimpulkan bahwa sirsak berpotensi mengurangi pembengkakan, serta membantu meringankan inflamasi atau peradangan. 
 #3: Membantu menurunkan kadar gula darah Manfaat sirsak lainnya yakni menstabilkan kadar gula darah. Seperti yang kita tahu, tingginya kadar gula merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat memicu berat badan berlebih (obesitas), serta penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan, sirsak dapat menstabilkan tingginya kadar gula dalam darah tersebut. Walau riset ini juga dilakukan pada hewan, bukan tak mungkin manfaat buah sirsak ini juga berlaku untuk manusia. 
 #4: Menurunkan tekanan darah Sirsak telah dikenal masyarakat sebagai tanaman obat, untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Dalam sebuah riset yang dimuat jurnal Pharmaceutical Biology, sirsak memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah, tanpa berefek menaikkan detak jantung. 
 #5: Membunuh sel kanker Khasiat sirsak lainnya, yakni untuk melawan sel kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan hal ini, walau riset-riset tersebut masih dilakukan dengan uji tabung di labotarium, seperti dengan memasukkan ekstrak buah sirsak ke dalam sel leukemia (kanker darah).
#6: Melawan bakteri Selain memiliki molekul antioksidan, sirsak juga diyakini dapat melawan bakteri. Beberapa riset, yang juga dilakukan dengan uji tabung laboratorium, menyimpulkan bahwa buah berdaging putih ini dapat melawan bakteri penyebab kolera, gigi berlubang, dan gingivitis (peradangan pada gusi).

Nutrisi Buah Sirsak 
Dalam 100 gram sirsak, terkandung beberapa zat gizi sebagai berikut: 66 kalori 1 gram protein 16,8 gram karbohidrat 3,3 gram serat 34% dari rekomendasi takaran harian vitamin C 8% dari rekomendasi takaran harian kalium 5% dari rekomendasi takaran harian magnesium 5% dari rekomendasi takaran harian tiamin Selain zat gizi di atas, sirsak juga mengandung sedikit niasin, folat, zat besi, dan riboflavin (vitamin B2).

3. SEMANGKA 

Berbagai Manfaat Buah Semangka dan Kulitnya untuk Kesehatan Tubuh

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.
Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.
Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.
Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.
Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Manfaat 

1. Bantu cukupi kebutuhan gizi harian

Buah merah bundar berkulit hijau ini termasuk rendah kalori, hanya 46 kalori per 150 gramnya.
Namun, semangka bergizi tinggi karena diperkaya oleh berbagai nutrisi penting seperti:
  • Vitamin C sebanyak 21% dari kebutuhan tubuh.
  • Vitamin A sebanyak 18% dari kebutuhan tubuh.
  • Kalium sebanyak 5% dari kebutuhan tubuh.
  • Magnesium sebanyak 4% dari kebutuhan tubuh.
  • Vitamin B1, B5 dan B6 sebanyak 3% dari kebutuhan tubuh.
Selain itu, buah semangka juga tinggi antioksidan penting seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang sama pentingnya untuk kesehatan tubuh.

2. Kesehatan jantung

Likopen adalah antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut Universitas Purdue, buah semangka mengandung lycopene tinggi yang efektif melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung.
Buah ini juga mengandung citruline dan arginine yang sama baiknya untuk kesehatan jantung.
Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bawah arginine mampu menjaga sirkulasi darah yang dipompa oleh jantung. Arginine pun dapat membantu mengurangi lemak berlebih yang bisa menimbulkan kolesterol hingga serangan jantung mendadak.

3. Menghidrasi tubuh

Buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh agar tidak kena dehidrasi. Manfaat semangka juga baik untuk membantu suhu tubuh tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

4. Kesehatan rambut dan kulit

Siapa sangka kalau manfaat semangka baik untuk rambut dan kulit manusia? Vitamin A yang terdapat pada manfaat semangka membantu menjaga kulit dan batang rambut Anda tetap lembap. Selain itu, buah ini  juga membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat dan baik untuk untuk kulit wajah.

5. Mengatasi nyeri otot

Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry  di Spanyol menemukan, bahwa minum jus semangka sebenarnya dapat menenangkan otot setelah berolahraga. Atlet yang mengonsumsi  lebih dari 16 ons jus buah ini dalam 1 jam sebelum berolahraga cenderung lebih kebal dari risiko nyeri otot dan menunjukkan denyut jantung yang stabil sehari-hari.  
Nutrisi 
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori30 kal
Karbohidrat7,6g
Air91%
Protein0,6g
Gula6,2g
Serat0,4g
Lemak0,2g
Vitamin A28µg3%
Vitamin C8,1mg9%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,05mg0%
Vitamin K0,1µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,18mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,22mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,05mg3%
Vitamin B9 (Folat)3µg1%
Vitamin B120µg
Cholin4,1mg1%
Kalsium7mg1%
Zat Besi0,24mg3%
Magnesium10mg3%
Fosfor11mg2%
Potassium (Kalium)112mg2%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,1mg0%
Tembaga (Copper)0,04mg5%
Manganese0,04mg2%
Selenium0,4µg1%
Karakteristik 
Ciri-ciri buah semangka adalah mempunyai kulit yang keras, warna kulit buah semangka ada dua macam, yaitu hijau mudah dan hijau pekat. Isi dalam buah semangka ini berwarna merah dan memiliki biji-biji yang kecil yang terdapat dalam isi buah semangka.
 









Source :  https://id.wikipedia.org/wiki/Lici https://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/21/304/482649/mengenal-buah-leci https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-leci/ https://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/13/150312020/beragam-manfaat-buah-sirsak-untuk-kesehatan?page=all https://id.wikipedia.org/wiki/Semangka https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-semangka-kesehatan/ https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-semangka-manfaat-buah-semangka-bagi-kesehatan/ https://brainly.co.id/tugas/9380488

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual