Skip to main content

Week 24: Describes Some Ingredients

1. PEPAYA 


Hasil gambar untuk pepaya

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Sejarah 

Pepaya  dalam bahasa latin adalah (Carica Papaya). Menurut sejarah pohon pepaya ini berasal dari Meksiko bagian selatan. Bangsa Spanyol adalah orang yang berjasa dalam penyebaran tanaman ini. Ada yang mengatakan untuk daerah tropis pertama kali ditanam di Manila sekitar pertengahan abad ke-16. Walau tidak ada data-data yang lengkap para ahli mengatakan, pepaya mulai ditanam di Indonesia sekitar abad ke-18.

Saat ini Pepaya telah menjadi tanaman yang merata didaerah beriklim tropis, bahkan daerah sub tropispun banyak ditanami pohon Pepeya. Hampir disetiap rumah banyak ditemukan pohon Pepaya, jadi cukup sulit untuk menentukan berapa banyak hasil Pepaya ini. Walau demikian ada catatan yang dapat dipergunakan untuk menentukan daerah mana yang banyak menghasilkan Pepaya baik untuk dalam maupun luar negeri. Di indonesia sendiri Jawa Barat adalah penghasil Pepaya terbesar. sedangkan diluar negeri diantaranya : Florida, Hawai, Afrika Timur, Afrika Selatan dan disusul Ceylon dan India.

Rata-rata pemanfaatan Pepaya di Indonesia dan negara lain pada umumnya adalah sebagai bahan pangan, mulai dari buah, daun, bunga, batang ( biasanya dibuat dodol batang pepaya daerah Nusa Tenggara) dan akar sebagai obat. Hal ini berbeda dengan Australia lebih bayak memanfaatkan papainnya (getah pepaya). Sebagai penghasil Wol terbesar, buah pepaya hanya sebagai sampingan saja dan tentu harga bubuk papaine jauh lebih mahal ketimbang buahnya. Papaine digunakan untuk membersihkan wol yang terkena getah.


Manfaat Pepaya 
  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  4. Baik untuk penderita diabetes
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mencegah radang sendi
  7. Membantu sistem pencernaan
  8. Meredakan sakit saat haid
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Merangsang pertumbuhan rambut
  11. Mencegah kanker
  12. Mengurangi stres
  13. Mempercepat penyembuhan luka
  14. Menjaga kesehatan ginjal
  15. Mencegah serangan jantung
  16. Mencegah stroke
  17. Mencegah Asma
  18. Menunjang kesehatan kulit
  19. Mencegah flu
  20. Membantu mencegah dan mengatasi jerawat

Nutrisi Pepaya

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori43 kcal
Karbohidrat10,82g
Air88g
Protein0,47g
Gula7,82g
Serat1,7g
Lemak0,26g
Vitamin A47µg6%
Vitamin C62mg75%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,3mg2%
Vitamin K2,6µg2%
Vitamin B1 (Thiamine)0,023mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,027mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,357mg2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,191mg4%
Vitamin B9 (Folat)38µg10%
Kalsium20mg2%
Zat Besi0,25mg2%
Magnesium21mg6%
Fosfor10mg1%
Potassium (Kalium)182mg4%
Sodium8mg1%
Seng (Zinc)0,08mg1%

Karakteristik Tanaman Pepaya

Pepaya (Carica papayaL.) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Pepaya dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis. Tanaman pepaya oleh para pedagang Spanyol disebarluaskan ke berbagai penjuru dunia. Negara penghasil pepaya antara lain Costa Rica, Republik Dominika, Puerto Riko, dan lain-lain. Brazil, India, dan Indonesia merupakan penghasil pepaya yang cukup besar (Warisno, 2003).

Haryoto (1998) mengatakan bahwa tanaman papaya (Carica papaya L.) baru dikenal secara umum sekitar tahun 1930 di Indonesia, khususnya dikawasan Pulau Jawa. Tanaman pepaya ini sangat mudah tumbuh di berbagai cuaca. Menurut Warisno (2003), tanaman pepaya merupakan herba menahun, dan termasuk semak yang berbentuk pohon. Batang, daun, bahkan buah pepaya bergetah, tumbuh tegak, dan tingginya dapat mencapai2,5-10 m. Batang pepaya tak berkayu, bulat, berongga, dan tangkai di bagian atas terkadang dapat bercabang (Gambar 1). Pepaya dapat hidup pada ketinggian tempat 1 m-1.000 m dari permukaan laut dan pada kisaran suhu 22°C-26°C.

Dalimartha dan Hembing (1994) mengatakan bahwa pada tanaman pepaya daunnya berkumpul di ujung batang dan ujung percabangan, tangkainya bulat silindris, juga berongga, panjang 25-100 cm. Helaian daun bulat telur dengan diameter 25-75 cm, daun berbagi menjari, ujung daun runcing, pangkal berbentuk jantung, warna permukaan atas hijau tua, permukaan bawah warnanya hijau muda, tulang daun menonjol di permukaan bawah daun. Bunga jantan berkumpul dalam tandan, mahkota berbentuk terompet, warna bunganya putih kekuningan. Pepaya memiliki bermacam-macam bentuk, warna, dan rasa. Pepaya muda memiliki biji yang berwarna putih sedangkan yang sudah matang berwarna hitam. Tanaman ini dapat berbuah sepanjang tahun dimulai pada umur 6-7 bulan dan mulai berkurang setelah berumur 4 tahun.

2. PISANG / BANANA 

Hasil gambar untuk pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku[ Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. 

Sejarah 
Pisang merupakan tanaman yang memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga anggrek. [[Pisang merupakan buah yang relatif murah dan lezat serta kaya akan berbagai nutrisi.
Buah ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Para ahli berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini. Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu. Pisan[[g juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, Yunani, dan Romawi. Pada awalnya, pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa kini merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika. Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah. Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina.
Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15. Pada tahun 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat. Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika. China adalah wilayah pertama yang melakukan budidaya pisang secara terorganisir. Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama tahun 63-14 SM. Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi.
Orang Amerika Serikat tidak mengenal pisang sampai tahun 1870. Pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat bersamaan oleh dua orang yang berbeda yaitu Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith. Lorenzo adalah seorang kapten laut yang berkunjung ke Jamaika dan menjadi tertarik dengan buah kuning yang dijual di pasar. Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan pisang mentah dan menjualnya di pasar buah New Jersey. Pada saat yang sama, Minor Keith, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api. Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan dengan kereta api dan kemudian diekspor ke Amerika. Segera, pisang menjadi makanan populer di Amerika Serikat. Saat ini, pisang dibudidayakan di lebih dari 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang.
Nutrisi Buah Pisang 


Berikut adalah nilai gizi lebih rinci dari buah pisang (setiap 100 gram):
PRINSIPNILAI GIZIPERSENTASE RDA
Energi90 Kcal4,5%
Karbohidrat22,84 g18%
Protein1.09g2%
Lemak total0,33 g1%
Serat makanan2,60 g7%
VITAMIN
Folat20 mcg5%
Niasin0,665 mg4%
Asam pantotenat0,334 mg7%
Piridoksin0,367 mg28%
Riboflavin0,073 mg5%
Thiamin0,031 mg2%
Vitamin A64 IU2%
Vitamin C8,7 mg15%
Vitamin E0,10 mg1%
Vitamin K0,5 mcg1%
ELEKTROLIT
Sodium1 mg0%
Kalium358 mg8%
MINERAL
Kalsium5 mg0,5%
Tembaga0,078 mg8%
Besi0,26 mg2%
Magnesium27 mg7%
Mangan0,270 mg13%
Fosfor22 mg3%
Selenium1,0 mcg2%
Seng0,15 mg1%
PHYTO-NUTRIENT
Karoten-alfa25 mcg-
Karoten-beta26 mcg-
Lutein-zeaxanthin22 mcg-
*RDA : Recomended daily allowance, kebutuhan harian yang dianjurkan.
Manfaat Buah Pisang 
  • Sebagai sumber energi yang baik saat beraktivitas fisik atau olahraga.
  • Membantu otot-otot bergerak dengan baik.
  • Membantu mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Pisang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.
  • Menangkal efek kerusakan sel dan jaringan tubuh, manfaat pisang yang satu ini terkait dengan kandungan antioksidan pada pisang.
  • Meringankan tugas pembersihan darah oleh ginjal.
Karakteristik Tanaman Pisang

Daun

Tanaman pisang merupakan tanaman berdaun lebar, panjang daun bisa mencapai 2 meter dengan lebar 40-50cm, dengan dipisahkan dengan tangkai daun, posisi tangkai daun membelah daun menjadi 2 bagian, daun pisang mempuyai garis-garis ditepian daun sehingga daun mudah sekali robek.

Batang

Tanaman pisang memiliki tinggi 2-3 meter tergantung jenis pisang, batang langsung terhubung dengan akar dan bonggol pisang, bentuk batang bulat dengan dilapisi pelepah dibagian batangnya, batang pisang mempunyai kadar air yang tinggi sehingga mudah untuk ditebas.

Akar

Dengan digolongkan kedalam kelas monokotil, tanaman pisang mempunyai perakaran yang serabut dengan berpusat pada boggol pisang, perakaran pisang tidak terlalu dalam masuk kedalam tanah sehingga tanaman pisang mudah roboh jika tanah bertekstur gembur, pada bagian bonggol tumbuh tunas baru.

Bunga

Bunga tanaman pisang berwarn kuning, dengan dilapisi kelopak bunga yang berwarna merah, kita sering menyebut bunga pisang dengan sebutan jantung pisang, letak bunga diujung tandang buah pisang. bunga tanaman ini merupakan bunga yang sempurna yang terdiri dari jantan dan betina

Buah

Buah pisang mempunyai warna kuning saat matang dan hijau disaat masih mentah, buah pisang terletak pada sisir tanaman yang menempel pada tandan pisang, setiap sisir terdapat 10-20 buah pisang, sedangkan setiap tandan memiliki 6-20 sisir pisang.

3. Melon 
Hasil gambar untuk melon

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

Sejarah 

Melon (Cucumis melo L.) merupakan tanaman buah semusim yang berasal dari lembah persia, Mediternia. Dari daerah asalnya, melon kemudian menyebar ke Eropa dan Timur Tengah. Pada abat ke-14, Colubus membawa tanaman ini ke Amerika, yang kemudian banyak tumbuh di daerah California, Texas, dan Colorado. Selain Colombus, Bangsa Moor juga banyak berjasa mengembangkan tanaman ini. Melon kemudian mengalami perkembangan jenis di Jepang, Cina, India, Spanyol, dan Iran.
Buah melon masuk ke Indonesia dan mulai dibudidayakan pada tahun 1970. pada saat itu, melon menjadi buah yang bergengsi tinggi dan sangat mahal. Konsumennya punterbatas, hanya kalangan yang tergolong ekonomi tinggi. Namun , buah yang mengandung banyak air kini sudah bisa dinikmati semua kalangan. Bahkan, tanaman ini sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Kalianda (Lampung) dan Cisarua (Bogor) merupakan daerah pertama yang mengembangbiakkan melon secara serius. Selanjutnya daerah ngawi dan madiun (Jawa Timur)., serta Boyolali dan Klaten (Jawa Tengah) menjadi sentra penghasil melon yang cukup dominan.
Era 1990-an merupakan puncak pengembangan melon di Indonesia. Pada saat itu, melon sangat ramai dibudidayakan oleh para pekebun. Tidak saja ditanam di lahan-lahan pertanian, melon juga mulai dikembangkan dirumah kaca. Cara penanamannya pun mengalami perkembangan. Ada yang ditanam di dalam pot dengan media tanah, ada pula yang ditanam dengan sistem hidroponik. Pada tahun-tahun itu pula indonesia kebanjiran benih berbagai varietas melon dari berbagai negara produsen.
Benih melon yang paling banyak ditanam adalah benih yang berasal dari taiwan. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah awal pengembangan melon di Indonesia. Pada awal pembudidayaan melon, pekebun masih menemui banyak kendala dalam teknik budidayanya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Indonesia mendatangkan tenaga ahli dari taiwan. Karena itu, tak heran jika benih melon Taiwan kemudian mendominasi sentra-sentra pertanaman melon di Tanah air.
Sampai saat ini produsen buah melon terbesar adalah di pulau jawa, disusul kemudian Sumatra, Kallimantan, Bali dan sulawesi. Pada awal perkembangannya, produksi buah melon di Indonesia meningkat tajam. Puncak produksi melon nasionalterjadi pada tahun 1996 yang mencapai 478.654 ton dengan luas penanaman 33.288 hektar. Setelah itu, jumlah produksi melon fluktuatif dengan kecenderungan menurun. Penurunan ini terjadi seiring dengan menyempitnya areal penanaman melon.
Pada tahun 2003, produksi melon nasianal hanya 70.560 ton dengan luas penanaman 3.329 hektar. Pada tahun 2004 produksi melon menurun menjadi 47.664 ton dengan luas penanaman 2.287. selanjutnya pada tahun 2005 naik menjadi 58.440 ton dengan luas penanaman 3.245 hektar.
Jika dibandingkan dengan era 1990-an, produksi tersebut memang menurun tajam. Serangan hama dan penyakit akibat tidak adanya rotasi tanaman, diduga menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu, melon membutuhkan biaya besar. Dan teknik budidaya yang tidak mudah. Beberapa petani yang semula “ikut-ikutan” menanam melon, mengalihkan usahanya menanam komoditi lain yang lebih mudah.
Pada tahun 2002, Indonesia mengekspor buah melon sebanyak 33411ton. Jepang, Korea, Hong Kong, dan Singapura merupakan beberapa negara yang merasakan manisnya buah melon yang ditanam pekebun Indonesia. Sementara itu, selama 2005-2008 rakyat Indonesia diperkirakan akan mengonsumsi buah melon sebanyak 1,34-1,50 kg/kapita/tahun.
Nutrisi Buah Melon 
  1. Satu cangkir buah melon menyediakan hampir 61 kalori. Kalori tersebut berasal dari karbohidrat 15,5 gram dan gula 13,8 gram.
  2. Satu cangkir melon sama dengan 1,4 gram serat, yang mencukupi  5% dari kebutuhan orang dewasa pada diet 2.000 kalori per hari. Serat larut yang ditemukan pada buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.
  3. Satu cangkir buah melon mengandung kurang dari 1 gram lemak dan protein. Karena merupakan tanaman pangan, melon mengandung kolesterol.
  4. Satu cangkir melon memasok 388 miligram potasium. Zat tersebut membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Zat potasium juga diperlukan untuk impuls syaraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Secangkir buah melon juga menyediakan sekitar 5 persen magnesium dan tembaga.
  5. Secangkir buah melon menyediakan 30,6 miligram vitamin C. Ini artinya buah tersebut menyediakan 41% kebutuhan vitamin C yang diperlukan pria dewasa dan 34% kebutuhan vitamin C yang diperlukan wanita dewasa. Vitamin C penting bagi tubuh untuk fungsi kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi.
  6. Melon juga menyediakan sangat sedikit vitamin larut lemak. Satu cangkir buah melon menyediakan kurang dari 1 persen dari kedua vitamin A dan D. Buah melon juga memasok 4,9 mcg vitamin K.
  7. Melon juga sangat rendah antioksidan, yang hanya berisi sedikit jumlah lutein dan beta karoten. Antioksidan ini biasanya ditemukan dalam buah-buahan berwarna seperti blewah atau semangka.
Manfaat Buah Melon 

1. Tinggi kandungan kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon adalah mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buahnya. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa memodifikasi buah melon, semangka, dan blewah sebagai menu salad sarapan pagi Anda.

2. Mengandung vitamin C

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik untuk  kesehatan. Perharinya, Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Vitamin C berguna baik untuk tubuh, karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

3. Baik untuk yang sedang diet

Buah melon mengandung sejumlah serat yang membantu mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik, biasanya berhubungan juga dengan buang air secara teratur. Artinya, dengan makan buah melon, bisa  mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit contohnya.
Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori. Jadi kalau ingin diet, boleh Anda memperhitungkan melon sebagai asupan diet. Manfaat buah melon ini akan banyak membantu tubuh untuk menjaga kestabilan berat badan, serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

4. Kaya kandungan vitamin B6

Seperti vitamin B lainnya, vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6  dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.
Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Baik untuk ibu hamil

Selama kehamilan, tubuh seorang ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini juga harus diperhatikan, karena ini adalah periode di mana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.
Dengan makan buah melon, ibu dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satu contohnya, kandungan kalium melon yang menjaga kesehatan jantung, serta vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin sehat melahirkan anak yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon perharinya.










Source :  https://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya http://segrobogan.blogspot.com/2016/07/mengenal-sejarah-pepaya-carica-papaya.html https://www.honestdocs.id/20-manfaat-buah-pepaya-terbukti-secara-ilmiah https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/ https://stepbyst3pblog.wordpress.com/2016/11/12/klasifikasi-dan-karakteristik-pepaya/ https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang https://www.amazine.co/23785/sejarah-pisang-asal-dan-kisah-penyebaran-buah-pisang https://www.honestdocs.id/manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan-dan-kecantikan https://www.alodokter.com/sehat-tiap-hari-berkat-manfaat-pisang https://www.sampulpertanian.com/2017/05/klasifikasi-dan-morfologi-pisang-musa.html https://id.wikipedia.org/wiki/Melon https://eddym78.wordpress.com/2011/03/25/3/ https://www.sunpride.co.id/informasi-nutrisi-melon/ https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-melon/

Comments

Popular posts from this blog

Others 3: Pie Dough, & Sugar Dough

PIE DOUGH AND SUGAR DOUGH Pie Dough Pie adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pie dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pie yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pie. Pie buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pie daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain: Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, butter, garam, dan air. Pie dipanggang dalam proses pembuatannya, pie tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus. Kulit pie yang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. W

Week 22: Describes Some Ingredients

1. ARUGULA  naturalfoodseries.com Arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya. Tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Namun mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat dan pecinta bahan pangan organik, daun arugula mulai dibudidayakan di Indonesia. Daun Arugula merupakan tanaman dari famili  cruciferous  yang juga terkenal dengan julukan  nutritional powerhouses . Tanaman daun ini dikenal kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut  glucosinolates , bermanfaat mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh. Sejarah Tumbuhan Aragula  Tanaman arugula berasal dari wilayah Mediterania, Maroko dan Portugal di barat, hingga Suriah, Lebanon, dan Turki di timur. Tanaman ini, dikutip dari  bwqual